Anggaran Sekolah Diminta Sistem Online Hindari Penyelewengan

SEMARANG – Pengawasan terhadap         anggaran sekolah sudah saatnya terbuka untuk     masyarakat dengan menunggahnya         di website masing-masing sekolah.         Keterbukaan informasi ini akan menghindarkan dari penyalahgunaan dan dobel anggaran.

Kasus dugaan penaikan anggaran sekolah yang tidak sesuai peruntukan akan terminimalisasi dengan peran serta masyarakat.
Hal itu disampaikan oleh Widi Nugroho dari Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Semarang, Rabu (21/11). Dinas Pendidikan, kata Widi, harus membuka infrastuktur keterbukaan di sekolah dengan segera menyusun standar operasi pelayanan informasi publik  untuk lembaga di bawah dinas. 

Pada 5 September 2012 Plt Walikota Semarang telah mengesahkan perwal 26/2012 tentang pedoman pengelolaan informasi publik. Maka sudah seharusnya di implementasikan. 
”Solusi yang terbaik harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan bukan hanya melakukan pengawasan sendiri tetapi bersama-sama masyarakat yaitu melalui RAPBS online,” tandasnya.

Fungsi Pengawasan

Informasi terakhir disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Semarang bahwa pihaknya akan melakukan revisi APBS 2012/2013 yang tidak sesuai dan melakukan pengawasan pembuatan RAPBS 2013/2014.
”Yang jadi pertanyaan adalah apakah pengawasan RAPBS atau APBS dengan hanya dinas pendidikan akan efektif dilakukan di seluruh sekolah di kota Semarang. Di mana fungsi pengawasan wali murid yang notabene berinteraksi langsung dengan sekolah,” gugatnya.

Ia menambahkan, telah menjadi rahasia umum bahwa komite sekolah mayoritas tidak mencerminkan keinginan wali murid. Hasil tiga kali diskusi yang dilakukan Pattiro Semarang mengungkapkan mayoritas komite sekolah tidak mengetahui tugas dan fungsi, terlalu sibuk dengan aktifitas pekerjaan masing-masing dan diduga sudah melakukan perjanjian khusus dengan sekolah sebelum RAPBS dibahas. 
”Dinas harus mengidentifikasi sekolah maupun UPTD yang melakukan pengutan ”liar” dan menindak sekolah-sekolah yang melakukan penyimpangan,” katanya.

 

Sumber : suaramerdeka.com

sumber gambar : www.fajar.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top