Training Masyarakat tentang Pengawalan Proses Perencanaan dan Penganggaran

Keberadaan sistem e-goverment penilaian kinerja SKPD tidak akan berdampak pada perbaikan birokraksi, tanpa adanya partisipasi publik yang mampu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja SKPD yang terkait.

Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal monitorng dan evaluasi kinerja SKPD, dibutuhkan capacity building. Penyiapan kemampuan masyarakat dan penyiapan sistem  e-goverment diharapkan berjalan secara pararel.

Sehingga pelatihan tentang penguatan kelompok masyarakat dalam  proses pengawasan perencanaan, penganggaran serta evaluasi kinerja aparatur birokrasi menjadi penting untuk segera dilaksanakan. 

Inilah yang melatarbelakangi PATTIRO Semarang mengadakan Training kepada masyarakat sipil yang tergabung dalam kelompok komunitas agar mereka yang hadir dalam kegiatan tersebut dapat memahami tiga hal yang berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran, diantaranya ruang – ruang partisipatiif dalam proses perencanaan dan penganggaran; monev partisipatif terhadap pelaksanaan perencanaan dan penganggaran serta pemetaan politik anggaran sebagai prasyarat masyarakat dalam melakukan advokasi Reformasi Birokrasi.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 22-24 Mei 2014 ini diadakan di Umbul Sidomukti, Ungaran dan dihadiri oleh perwakilan dari kelompok komunitas. Semua peserta terlihat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian acara.

 

PATTIRO Semarang berharap dengan diadakannya training ini, masyarakat semakin memahami tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran. Sehingga reformasi birokrasi yang berjalan dapat terkawal dengan baik dengan dukungan dari masyarakat sipil

Posted Under
Uncategorized