Masukan PATTIRO Semarang untuk Rencana Kerja Dinas Kesehatan 2015

Hari ini, Rabu 7 Mei 2014 Direktur PATTIRO Semarang (Dini Inayati) menghadiri undangan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk agenda pengumpulan usulan atau masukan atas Rencana Kerja 2015.

Dalam kesempatan tersebut, Dini Inayati menyampaikan beberapa kebijakan yang harus mendapatkan alokasi anggaran tahun 2015, yaitu:

  1. Sosialisasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Masyarakat sampai ke tingkat Rukun Tetangga (RT). Kegiatan tersebut sangat penting karena sebagian besar masyarakat belum mengetahui tentang Jaminan Kesehatan Masyarakat. Melalui BPJS, Jamkesda Provinsi Jateng dan Jamkesda Kota Semarang, sosialisasi diharapkan terkait kebijakannya maupun prosedur untuk mengaksesnya.
  2. Review ulang Coverage Jamkesmaskot.  Pembiayaan klaim pasien melalui Jamkesmaskot diharapkan dilakukan secara keseluruhan sesuai tarif Rumah Sakit manapun.  Selama ini Jamkesmaskot hanya membiayai klaim sesuai tarif RSUD Kota Semarang yang notabene lebih rendah dibanding Rumah Sakit Swasta, RSUD Provinsi maupun RSUP Karyadi. Konsekuensi hal tersebut adalah penambahan alokasi anggaran Jamkesmaskot dalam APBD 2015.
  3. Mengembalikan fungsi PUSKESMAS yaitu lebih banyak untuk pelayanan Kesehatan diranah promotive dan preventive.  Konsekuensinya perlu ada tambahan Tenaga Kesehatan Masyarakat yang memadai di setiap Puskesmas.

 

Tiga usulan yang disampaikan Direktur PATTIRO Semarang tersebut disambut dengan baik oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semaran.  Beliau berjanji akan mengkaji usulan tersebut secara mendalam dan akan mengkoordinir dalam Rencana Kerja (Renja) 2015.        

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top