BOS “Online” Siap Diluncurkan

 

Semarang, ANTARA Jateng – Dinas Pendidikan Kota Semarang siap meluncurkan program bantuan operasional sekolah (BOS) “online” sebagai bentuk transparansi anggaran pendidikan dan mencegah tindak penyimpangan.

“Kami rencanakan BOS online bisa diluncurkan 16 Januari 2013. Program ini mencakup seluruh SD dan SMP, baik negeri dan swasta,” kata Sekretaris Disdik Kota Semarang Nana Storada di Semarang, Rabu.

Menurut dia, seluruh SD dan SMP negeri maupun swasta sudah diberikan sosialisasi dan bimbingan teknis untuk menerapkan program BOS online yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat secara terbuka.

Ia mengatakan seluruh poin berkaitan dengan BOS dari pusat akan ditampilkan secara “online”, mulai rekapitulasi usulan BOS se-Kota Semarang, SK penetapan, hingga perincian BOS yang diterima sekolah.

“Sejauh ini, semuanya sudah siap. Namun, peluncuran BOS online ini tetap menunggu transfer dana BOS triwulan pertama 2013 dari pusat ke setiap sekolah yang rencananya keluar awal Januari ini,” katanya.

Sebenarnya, kata dia, program BOS “online” pernah diterapkan Disdik Kota Semarang tiga tahun lalu, tetapi karena sistematika BOS kemudian diubah masuk ke APBD, akhirnya program itu sempat terhenti.

Akan tetapi, ia mengatakan mekanisme BOS saat ini sudah dikembalikan seperti semula, yakni lewat pusat langsung ke sekolah sehingga pihaknya kembali menerapkan program itu untuk menciptakan transparansi.

Selain BOS online, Disdik Kota Semarang sebelumnya juga menerapkan program rancangan anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) online yang diluncurkan akhir 2012 untuk mencegah sekolah berbuat curang.

Namun, kata dia, RAPBS “online” hanya mencakup SD dan SMP negeri, sementara BOS online mencakup seluruh SD dan SMP, baik negeri maupun swasta, kecuali madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Ia menyebutkan jumlah SD negeri di Semarang mencapai 346 sekolah, SMP negeri berjumlah 41 sekolah, belum termasuk swasta sehingga masyarakat bisa ikut memantau dan mengawasi penggunaan dana BOS oleh sekolah.

“Kalau untuk BOS online sebenarnya sudah siap, sebab besaran dan usulan yang diajukan sekolah masih sama seperti tahun lalu. Hanya saja, kemungkinan ada sejumlah perubahan untuk beberapa sekolah,” katanya.

Program BOS online, kata dia, bisa diakses secara langsung oleh seluruh masyarakat melalui situs Disdik Kota Semarang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Kami rencanakan BOS online diluncurkan pada 16 Januari 2013. Kalaupun kemungkinan mundur dari jadwal semula tidak akan terlampau jauh, masih dalam bulan Januari 2013. Kami optmistis siap,” kata Nana.

 

sumber :http://www.antarajateng.com/detail/index.php?id=72011#.UOPiRGfcCSo

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top